Cara memperbaiki hardisk yang bad sector dengan mudah

Trik memperbaiki hardisk yang bad sector dengana software ataupun dengan aplikasi bawaan windows

      Hardisk tidak asing lagi bagi kita hardisk memiliki fungsi penyimpanan file di komputer, jika sebuah komputer tidak memiliki hardisk sama seperti manusia yang tidak memiliki perut, walaupun sekarang sudah ada pengganti hardisk yakni SSD, tetapi kalian pasti tahu harga SSD jauh lebih mahal daripada harga hardisk, walaupun SSD memiliki kecepatan yang jauh lebih kencang dari hardisk tetapi menurut saya hardisk yang suport koneksi 3.0 saja sudah sangat terasa puas dengan alasan hardware komputer yang lain juga harus mendukung, nah hardisk ada dua yakni sata dan hardisk ata, saya rasa untuk sekarang hardisk ata sudah susah untuk ditemukan kecuali di komputer lama, sedangkan hardisk sata adalah tingkatan dari ata yang memuliki kecepatan jauh di atas hardisk ata, nah kalian pasti mendengan kata bad sector, nah kata ini biasanya terdengar dengan awalan hardisk jadi kata yang kalian dengar adalah hardisk bad sector. nah hardisk badsector ini ada 2 macam yakni bad sector permanen dan bad sector tidak permanen ( hard sector dan soft sector ), nah jika hardisk kalian mengalami bad sector permanen sangat sulit untuk mengatasinya, karena hardisk yang bad sector permanen biasanya piringan perak hardisk telah luka karena bertabrakan dengan kepala heat hardisk, setau saya dan dari pengalaman pribadi biasanya ciri hardiak yang bad sector permanen ditandainya dengan seringnya file tidak terbaca ataupun terdengar suara aneh dari hardisk, jadi jika hardisk kalian megalami bad sector permanen lebih baik cepat beck up data yang ada di dalam hardisk itu, karena jika hardisk telah rusak kalian tidak bisa lagi mengambil data yang ada di sana, nah jika hardisk kalian bad sector tidak permanen biasanya di sebabkan oleh banyaknya file, dan sering melakukan instal dan unistal aplikasi, jadi jangan terlalu sering unistal dan instal aplikasi apa lagi sering instal ulang atau instal ulang OS. nah langsung saja ikuti langkah di bawah untuk memperbaiki hardisk yang bad sector,,,,
Baca juga : Emulator android terbaik untuk di PC wajib kalian coba agar lebih keren PC kalian.

1. Memperbaiki hardisk dengan CHKDSK bawaan windows.
1. Kalian buka windows explorer lalu pilih hardisk mana yang akan di perbaiki dan klick kanan lalu pilih propertis.
2. Kemudian pilih tab tools lalu pilih pada bagian "eror cheking"  dan pilih "check now" dan centang kedua pilihan lalu klick "start"
3. Setelah itu otomatis komputer kalian akan restart sendiri, selamat hardisk kalian telah kembali normal.
Atau alternatif lain dengan CHKDSK lewat CMD.
1. kalian buka cmd dengan run administrator, setelah terbuka kalian ketikkan "CHKDSK D: /F /R " tanpa tanda petik. lalu click enter dan biarkan berjalan tunggu sampai selesai.
(kalian bisa mengganti D: dengan lokal disk yang ingin kalian perbaiki.)
Baca juga : perbedaan notebook, laptop dan netbook yang wajib kalian ketahui.

2. Menggunakan Aplikasi untuk memperbaiki hardisk.
1. Menggunakan aplikasi Hardisk Drive Badsector Repair.
Aplikasi ini berguna untuk mendeteksi kesalahan atau kerukan yang ada di hardisk kemudian aplikasi ini akan memperbaikinya sehingga kondisi hardisk menjadi fres atau normal kembali, kalian bisa tunggu tutor cara menggunakannya, atau kalau memang perlu kalian bisa tinggalkan komentar kalian di bawah.

2. Menggunakan aplikasi yang bernama Hardisk Drive Low Level Format Tool.
Jika menggunakan aplikasi ini kalian wajib untuk membeck up data yang ada di hardisk kalian, karena aplikasi ini akan memformat dan mengembalikan hardisk seperti pertaman kalia di beli sehingga keadaan hardisk pun menjadi fresh dan normal kembali.
Baca juga : Cara update BIOS motherboard asus, dengan mudah tanpa perlu susah.

3. Menggunakan aplikasi Software Recovery.
Aplikasi ini kebalikan dari aplikasi di atas aplikasi ini berguna untuk mengambil data yang rusak atau corupt,terhapus atau terformat  untuk di backup, jika kerusakan hardisk kalian hard sector kalian bisa menggunakan aplikasi ini.
Baca juga : Penyebab hardisk rusak yang tidak banyak orang tahu dan banyak di abaikan.

Sekian tutorial cara memperbaiki hardisk yang bad sector, semoga bisa membantu. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian di bawah.

 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara memperbaiki hardisk yang bad sector dengan mudah"