cara merawat laptop agar tahan lama yang banyak diabaikan orang

Tips dan Trik merawat laptop, notebook atau netbook agar tetap awet dan tahan lama terbaru tahun sekarang. 

   Laptop, notebook atau netbook sudah tidak asing lagi bagi kita laptop, notebook atau netbook adalah barang elektronik yang menurut saya turunan dari komputer mengapa demikian? ya karena laptop, notebook atau netbook memiliki fungsi yang sama dengan komputer hanya saja laptop lebih kecil dan mudah dibawa kemana mana tidak seperti komputer yang harus tetap diam dalam posisinya karena komputer memerlukan suplay listik AC terus sebab inilah komputer tidak bisa kita bawa kemana mana selain karena memerlukan suplay listrik komputer juga memiliki body yang jauh lebih besar dari laptop, notebook apa lagi netbook. nah menurut saya laptop, notebook, dan netbook memiliki kelebihan yang paling mudah dilihat yaitu:
1. mudah dibawa kemana mana karena laptop kecil dan juga memiliki baterai yang mampu bertahan normal 4-5 jam jika terus di hidupkan.
2. lebih ringan di bandingkan komputer.
tetapi laptop juga memiliki kekurangan yakni pada bagian spesifikasi hardwarenya walaupun hardware komputer dan laptop sama saya yakin hardware komputer akan jauh lebih tangguh dibandingkan hardware laptop, notebook apa lagi netbook, nah pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tips dan trik tentang bagaimana cara merawat dan menjaga laptop yang kita miliki agar awet dan tahan lama, karena kita juga harus memperhatikan keadaan laptop kita apalagi kita banyak menyimpan file file penting di laptop, bayangkan jika laptop rusak dan file tidak dapat diambil lagi hancurlah kita, nah sebab inilah saya akan berbagi pengalaman saya tentang bagaimana cara menjaga dan merawat laptop agar bertahan lama. cekidot langsung saja baca dan lakukan pada laptop kalian dijamin laptop akan lebih bertahan jika selalu dirawat,,,,

1. Jangan terlalu sering bermain game berat pada laptop.
Game memang merupakan sarana hiburan dan juga dapat menghasilkan uang tetapi ingat jangan sesekali memaksakan laptop yang kalian miliki untuk melakukan permainan game yang berat karena bisa jadi spesifikasi laptop kalian tidak mampu menjalankan game tersebut yang membuat laptop kalian cepat panas dan bisajadi ada komponen yang akan rusak karena terlalu panas.
2. Jangan menaruh laptop,notebook atau netbook di atas kasur saat masih digunakan.
Jika kalian menaruh laptop diatas kasur otomatis lubang pernafasan prosesor akan tertutup bisa jadi kipas prosesor akan menyedot debu yang ada dikasur yang akan membuat prosesor cepat panas jika hal ini sering terjadi maka laptop akan sering hang.
Baca juga : cara instal dan download winrar dengan mudah.
3. Jangan pernah menaruh benda berat di atas laptop,notebook atau netbook.
Benda berat yang kalian taruh di atas laptop bisa membuat monitor laptop benjadi blank dan membuat hardisk juga menjadi badsector karena tekanan yang besar yang diterima oleh hardisk.
4. Jangan menaruh laptop di tempat yang lembab.
Tempat lembab akan membuat laptop kita juga ikut lembab karena suhu yang lembab bisa membuat komponen laptop menjadi mengkarat dan akan cepat rusak, jadi carilah tempat yang tidak lembab.
5. Jangan menaruh laptop langsung terkena sinar matahari.
Kebalikan dari tempat lembab, jangan pernah menaruh laptop langsung terpapar sinar matahari karena akan membuat komponen laptop kepanasan, apa lagi kalian sedang menggunakan laptop, yang dirasakan laptop sudah panas ditambah panas lagi mungkin begitu yang dirasakan laptop kalian.😂😂
6. Jangan sembarangan mengunduh file di internet.
File yang kalian unduh di internet bisa saja sudah dimasukkan virus yang akan menyebar luas di laptop kalian, jika virus sudah tidak bisa di brantas oleh antivirus jadi kalian harus instal ulang, jika sering melakukan instal ulang hardisk akan cepat rusak.
Baca juga : aplikasi yang wajib ada di komputer atau laptop kalian.
7. Jangan menggunakan laptop fulltime atau 24 jam nonstop.
Laptop berbeda dengan komputer komputer server trutama karena komputer telah didesain agar dapat bertahan 24jam nonstop, jadi jangan samakan dengan laptop kalian, jadi matikan beberapa jam laptop kalian agar laptop lebih bertahan lama.
8. Berikan laptop colerpad.
Agar laptop tidak begitu kepanasan kalian berikan colpad, colpad akan memberikan udara ke prosesor yang bisa mengurangi panas prosesor.
9. Rajin bersihkan laptop dari debu yang menempel.
Sama seperti kita mandi agar tubuh bersih dan lebih sehat, jadi laptop juga perlu dibersihkan rajinlah kalian bersihkan laptop kalian agar tidak ada debu yang akan masuk kemotherboard laptop yang bisa saja debu tersebut mengandung partikel besi yang bisa membuat komponen laptop menjadi konslet.
10. Jangan sampai baterai laptop 0% dan akhirnya mati, jangan menggunakan laptop saat di cas.
Hal diatas dapat menyebabkan baterai cepat drop jadi jangan sesekali lakukan hal sepele di atas, selain dapt mengakibatkan baterai drop juga dapat merusak komponen lain laptop.
Baca juga : 7 alasan memilih komputer untuk bekerja di kantor.

Sekian tips dan trik cara ampuh merawat dan menjaga laptop agar tetap awet dan tahan lama, jangan lupa tinggalkan komentar kalian di bawah, dengan senang hati saya akan menjawabnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "cara merawat laptop agar tahan lama yang banyak diabaikan orang"

Post a Comment