cara terbaik merawat komputer agar bertahan lama

Tips dan Trik merawat komputer agar tetap awet dan bertahan lama, terbaru terlengkap dan termudah. 

     Komputer atau sering disebut PC (personal computer) sudah menjadi bagian penting dari kehidupan kita nah semisal kalian bekerja di suatu kantor atau perusahaan saya yakin pasti ada satu atau dua atau bahkan lebih komputer, semisal komputur untuk kasir. Komputer yang bekerja selama sehari full atau 24 jam tanpa henti seperti komputer untuk cctv atau komputer server, biasanya memiliki ketangguhan yang lebih di bandingkan komputer yang lain dikarenakan komputer tersebut sudah di desain atau di rakit agar bertahan lama, walaupun bekerja tanpa henti, nah apakah kalian pernah berfikir jika komputer tersebut apakah perlu perawatan?? jawabannya ya, komputer seperti itu sangatlah membutuhkan perawatan yang lebih di bandingkan komputer yang biasa, coba kalian bayangkan jika sebuah komputer yang bekerja tanpa henti kalian tidak pernah rawat itu ibarat kalian bekerja tanpa pernah makan, makan energi atau kekuatan kalian perlahan akan menurun, nah disini saya tidak hanya membahasa perawatan komputer server atau komputer yang bekerja full time, disini saya akan menjelaskan perawatan yang baik dan benar agar komputer bertahan lama, jangan pernah menghiraukan hal sekecil apapun itu karena dapat merusak komponen yang lain, nah langsung saja kita ke topik pembahasan, simak dan resapi dengan baik. jika ada yang ditanyakan silahkan tinggalkan komentar kalian di bawah,,,,

1. Matikan atau restart komputer secara berkala.
Tujuan dari cara ini agar komputer dapat beristirahat sejenak, dan memaxsimalkan kembali kinerjanya, biasanya komputer yang tidak pernah di restart atau dimatikan akan banyak sekali mempunyai masalah, seperti hank, bluescreen dikarenakan hardisk dan ram kepanasan(pengalaman pribadi saya laptop blue scrin karena tidak pernah di restart atau di matikan.
2. Bersihkan CPU dari debu atau kotoran yang lain.
Karena komputer itu tetap berada di tempat atau jarang dipindah pindah, maka CPU komputer biasanya di tempatkan di bawah agar tidak mengganggu nah dari sini kita harus rajin membersihkan casing ataupun bagian dalam komputer, agar komputer tetap awet katena bisa saja partikel atau debu tersebut mengandung air ataupun bahan tembaga yang dapat membuat konslep motherboard komputer kalian, jika kalian rasa CPU berada di tempat yang lembab segera pindahkan karena tempat lembab dapat memicu berbagai kerusakan trutama keadaan lembab dapat membuat motherboard hancur dan bagian penting lainnya mengkarat.
3. Jangan terhubung ke internet di saat hujan lebat di ikuti petir.
Sama halnya dengan TV jika kita menghidukan TV disaat hujan lebat diikuti petir dapat mengakibatkan kerusakan parah, nah komputer juga seperti itu, jika kalian sudah menggunakan penangkal petir, stavolt dan juga UPS dari bagian listrik akan sedikit rawannya komputer kalian terkena petir, tetapi internet juga dapat menghantarkan petir jadi jangan coba coba menggunakan internet pada waktu hujan lebat disertai petir.
4. Unistal software yang tidak berguna.
Tujuannya agar ram tidak terlalu berat melakukan pekerjaannya disamping juga agar hardisk tidak cepat full yang mengakibatkan komputer lemot, jadi jika kalian mempunyai software yang tidak penting lebih baik kalian unistal saja.
5. Perhatikan ventilasi dan juga pendingin komputer.
Jangan sampai ventilasi dan pendingin komputer kalian ada kerusakan biasanya kerusakan yang sering terjadi adalah kipas pendingin mati dan ventilasi udara terhalang suatu benda misal kalian menarus terlalu mepet dengan tembok sehingga uda panas yang akan di buang kipas pendingin kembali lagi ke dalam CPU komputer.
6. Hindari komputer dari trik matahari langsung.
Kalian pasti sudah tahu mengapa dijauhkan dari trik matahari? ya agar komputer tidak cepat panas, komputer yang ditaruh di trik sinar matahari langsung pasti akan sangat panas nah jika sambil digunakan maka panasnya akan berlipat lipat yang mengakibatkan CPU cepat rusak.
7. Instal antivirus yang terpercaya.
Virus dapat dengan cepat merusak komputer kita, untuk menghindari hal tersebut kalain instal antivirus terpercaya.

8. Matikan komputer dengan benar.
Jika kalian terburu-buru jangan pernah mematikan komputer dengan mematikan langsung dari power CPU atau power stavolt lebih baik kalian shut down terlebih dahulu baru kalian tinggalakan, karena jika kalian langsung mematikan komputer dari power maka hardisk akan cepat rusak.

 Nah sekianlah cara terbaru merawat komputer agar tidak cepat rusak, komputer juga perlu kalian rawat dan jaga. jangan lupa tinggalkan komentar kalian di bawah, artikel update setiap hari.

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "cara terbaik merawat komputer agar bertahan lama"

Post a Comment