penyebab hardisk rusak yang tidak banyak di ketahui

Penyebab hardisk rusak yang belum banyak orang tahu 

Hardisk adalah hardware komputer yang memiliki peran penting guna kelangsungan komputer itu sendiri, hardisk berfungsi sebagai media penyimpanan data atau file yang bersifat permanen dan dapat di hapus atau di format. Tanpa hardisk komputer tidak bisa booting karena windows tersimpan di hardisk, nah sama halnya seperti manusia tanpa perut, hardisk ada 2 macam ata dan sata, nah yang ata ini model hardisk lama, sedangkan yang sata model hardisk yang baru. dari segi kecepatan hardisk ata dan sata maka hardisk satalah yang menang. nah langsung saja simak penyebab hardisk rusak ,,,,
1. Komputer sering dimatikan paksa atau aliran listrik mati mendadak.
Jika komputer sering mati mendadak ataupun dimatikan paksa ini berdampak kepada hardisk, karena di dalam hardisk terdapat pirang yang renta, dan juga head yang renta, jika hardisk tiba-tiba kehilangan aliran listrik maka head dan piringan bis bergesekan sehingga piringan tersebut tergores yang menyebabkan hardisk bad sector. cara mengatasinya simak tips di bawah :
1. Gunakan UPS
UPS atau unit power suplay adalah hardware yang menyimpan daya listrik, fungsinya disini sama seperti baterai pada laptop, jika listrik mati tiba-tiba maka UPS akan memberikan daya ke komputer, selama beberapa menit. Jadi kita bisa menshut down komputer kita.
2. Jangan pernah mematikan paksa komputer, lebih baik shut down.
Apa susahnya kita shut down komputer, mungkin ada beberapa dari kalian yang ingin cepat dan praktis kalian langsung mematikan tombol power stavoltnya sehingga komputer langsung mati yang menyebabkan hardisk cepat rusak, kalau sering melakukan hal seperti ini tidak hanya hardisk yang rusak tetapi hardware komputer yang lain pun akan ikut rusak.

2. File atau folder tidak tertata.
File atau folder yang tidak tertata dapat menyebabkan hardisk rusak?? ya karena folder yang tidak tertata tersebut susah di baca hardisk, yang benyebabkan bad sector pada hardisk, jika di biarkan lama kelamaan hardisk akan rusak semakin parah, cara mengatasinya sebagai berikut :
1. Disk defragmenter
Berguna untuk menyusun kembali file-file yg diperbaharui atau yang telah di install baik secara sengaja mahupun tidak sengaja. Jika anda membuka file apa pun itu maka secara automatik windows akan bekerja atau mengambil ruang secara automatik dalam penempatan space atau bagian partition dalam hardisk.

3. Hardisk jatuh atau terbentur.
Nah ini masalah pada ketelitian saat menggunakan atau membawa hardisk, ini masalah sering terjadi pada hardisk external, karena hardisk external selalu di bawa kemana-mana jika kalian ceroboh bisa saja saar menaruh hardisk kalian tidak sengaja menjatuhkan atau membenturkan hardisk tersebut, cara mengatasinya sebagai berikut :
1. Jangan ceroboh menaruh hardisk, apa lagi meminjamkan hardisk pada orang yang memang ceroboh.

4. Penggunaan yang berlebihan.
Misal kalian menggunakan hardisk mencapai 24 jam full tanpa henti, hardisk juga punya daya tahan sama seperti manusia jika selalu bekerja 24 jam tanpa henti kemungkinan besar bekerja selama 5 hari berturut turut akan keok, pertanyaan komputer server kan 24 jam full bekerja atau hidup?? jaabannya iya karena komputer server sudah di desain agar lebih tahan lama, dan juga perawatan komputer server itu lebih daripada komputer client, tetapi komputer server juga dapat istirahat beberapa jam. jadi jika kalian ingin hardisk atau komputer kalian awet, berikan komputer atau hardisk kalian istirahat agar hardisk dan komputer kalian tahan lama.

5. Over heat atau panas yang berlebih.
Penyebabnya hampir sama dengan nomer 4 karena komputer tidak pernah dimatikan yang menyebabkan hardisk over heat, jadi untuk mengatasi ini berikan pendingin pada hardisk dan berikan hardisk atau komputer istirahat.

 6. Sering instal dan unistal aplikasi atau OS.
Istalasi atau unistal dapat memperpendek umur hardisk karena sering melakukan itu sama juga kita merusak hardisk secara perlahan jika kita melakukan instal maka komputer akan trus membaca dan mengcopy file ke sector-sector hardisk yang menyebabkan hardisk cepat rusak.
7. Usia hardisk.
Hardisk juga mempunyai usia tidak hanya manusia saja, jika usia hardisk sudah mencapai batas secara otomatis kerusakan akan timbul dengan sendirinya, yang sering terjadi adalah hardisk lambat membaca file yang dulunya begitu cepat, mulai adanya bad sector dll. cara mengatasinya sebagai berikut :
1. ganti dengan yang baru
2. rawat hardisk dengan membersihkannya dari kotoran dan memberikan pendingin di sekitar hardisk agar hardisk memiliki daya tahan yang lebih lama, ini sudah saya buktikan sendiri.

8. Karena suhu lembab.
Mungkin ini pengalan saya pribadi dan smoga saja bisa menjadi pelajaran bagi kalian, karena saya menarus komputer di tempat yang lembab dan jarang saya bersihkan, komponen-komponen hardisk mulai rusak seperti di bagian PCB hardisk yang berisi IC yang kecil kecil tersebut. cara mengatasinya jangan menaruh komputer atau hardisk di tempat yang lembab, karena jika di taruh di tempat lembab tidak hanya hardisk bahkan hardware komputer yang lain juga dapat rusak. 

9. Power suplay yang kurang memberikan daya.
Power suplay adalah hardware yang memberikan aliran listrik ke komponen komputer jika power suplay kurang memadai atau tidak pure dapat menyebabkan hardisk bad sector karena hardisk kekurangan daya listrik, banyak sekali di zaman sekarang PSU yang abal abal, jadi untuk menghindari ini kaian pilih PSU yang memang terjamin dan pure. karena PSU pure dapat memberikan daya yang stabil tidak seperti PSU yang abal abal yang berisi keterangan 500W tetapi setelah di pakai hanya 200W, jika psu pure 500W jika dipakai akan tetap 500W.

Sekian penjelasan kali ini, ini saya dapat dari pengalaman pribadi dan teman saya. Jika ada yang ditanyakan tinggalkan komentar kalian di bawah, semoga ini bisa membantu kalian semua artikel akan selalu update.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "penyebab hardisk rusak yang tidak banyak di ketahui"

Post a Comment