mengatasi komputer lemot terbaru tahun ini


Komputer atau Laptop udah menjadi pendamping di dalam kehidupah di zaman sekarang ini, nah apakah kalian pernah mengalami komputer hang, ngelag, ataupun mati secara tiba-tiba? apa lagi ketika pekerjaan menumpuk dan tiba-tiba komputer bermasalah pastilah kita menjadi emosi, karena di zaman sekarang ini teknologi semakin maju dan terus berkembang, begitu pula dengan hardware maupun software komputer bahkan di dunia internet sekarang sudah menggunakan kabel fiber optik, dimana signal internet merambat melalui cahaya. Apabila kita mempunyai komputer yang sering ngelag atau hang pasti kita bertanya-tanya apakah penyebabnya komputes menjadi seperti ini, nah langsung saja lihat penyebabnya di bawah ini.....
Baca juga : alasan mengapa memilih komputer untuk bekerja dibandingkan laptop.

1. Aplikasi :
Aplikasi yang di pakai tidak sesuai dengan spek komputer, spek komputer low sedangkan aplikasi minimum speknya medium maka komputer bisa ngelag, hang atau mati mendadak. Samakan saja seperti manusia ketika kita kecil di paksa melakukan pekerjaan berat sudah tentu kita akan kelelahan. seperti contoh ada sebuah komputer dengan spek sebagai berikut:
cpu: dual core
vga : intel inside on board
ram : 1 GB
hdd: 160 GB
Nah semisal spek di atas kita berikan game GTA V sudah mustahil untuk bisa memainkan game tersebut. jadi sesuaikan antara aplikasi dengan spek komputer.


2. Recycle Bin Penuh.
Ini pengalaman pribadi saya, pada saat itu saya tidak pernah menghapus file yang ada di recycle bin  karena kita menghapus file tidak akan langsung hilang dari komputer tetapi tersimpan di dalam recycle bin, nh jika file sampah tersebut menumpuk dan terus menumpuk di dalam recycle bin maka akan memakan ruang lokal disk C: dan akan menyebabkan komputer lemot dan hang. Nah solusinya adalah:
ketika kita ingin menghapus file( memang sudah tidak diperlukan lagi ) kalian bisa menggunakan kombinasi tombol SHIFT + DELETE maka secara otomatis file yang di hapus akan langsung hilang dari komputer.

3. Menggunakan disk CleanUp.
Nah salah satu fitur yang di sediakan windows adalah fitur disk cleanup yankni untuk membersihkan file sampah di hardisk. cara menggunakannya adalah:
1. Kalian buka file explorer dan pilih partisi mana yang akan di disk clean up, setelah di tentukan kalian klick kanan partisi tersebut dan pilih properti. maka akan tampil seperti gambar di bawah.
Setelah itu kalian klick disk cleanup yang berisi tanda panah tersebut. Setelah itu tunggu prosesnya sampai selesai, untuk partisi yang lain caranya juga sama.

4. Menghentikan Progam berjalan di Background.
Biasanya ada banyak program yang dapat berjalan di background seperti, avira, free download manager dan masih banyak lagi. Untuk itu kita perlu menghentikan program yang berjalan di backgroun caraany adalah :
1. Kalian tekan kombinasi tombol CTRL + ALT + DELETE  secara bersamaan.
2. Setelah itu kalian pilih start task manager.
3. kalian pilih di tab process, dan pilih program yang berjaln yang memang tidak penting lalu kalian klick end process, lihat gambar dibawah.





5. Upgrade ram dan hardisk.
Ram sebagai tempat peninyimpana sementara dan yang mengatur semua printah yanag diberikan oleh processor, sedangkan hardisk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data atau file. Apabila ram kekecilan maka ram akan kewalahan menerima dan memproses printah yang di terima. begitu juga hardisk jika hardisk penuh maka komputer akan lemot sekali, jadi antara besar kapasitas ram dan hardisk haruslah seimbang.


6. Unistal program yang tidak penting.
Apabila kalian banyak mempunyai program dan ada beberapa program yang sudah tak terpakai lagi maka kalian wajib menghapusnya karena dapat menyebabkan koputer lemot karena terlalu banyak aplikasi yang di instal.


7. Menggunakn antivirus .
Virus juga dapat menyebabkan komputer menjadi lemot karena virus komputer dapat menggandakan dirinya secara diam-diam, maka dari itu untuk mengatasinya kalian harus menginstal antivirus.
baca juga: antivirus terbaik yang terpercaya dan banyak dicari

8. Restart dan istirahatkan komputer secara berkala.
Komputer sama halnaya dengan manusia memerluka waktu istirahat, karana komputer dapat kepanasan yang dapat membuat komputer mati mendadak karena terlalu panas.


 Baca juga : Aplikasi yang wajib ada di komputer, agar komputer tidak lemot.
Sekian tutor tips dan tirk kali ini semoga bermanfaat, jangan lupa tingggalkan komentar kalian dibawah. Terimakasi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "mengatasi komputer lemot terbaru tahun ini"

Post a Comment